TELAAH KURIKULUM BAHASA ARAB DI MA AL-HIDAYAH DEPOK
Isi Artikel Utama
Pembelajaran bahasa Arab menjadi pembekalan ilmu pengetahun kepada peserta didik, yaitu dengan keterampilan bahasa lisan aktif maupun pasif, serta tulisan yang baik. Tujuan dari pembelajaran bahasa arab adalah agar peserta didik dapat menguasai secara bahasa Arab mencakup empat keterampilan, yaitu menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Metode yang digunakan kualitatif pendekatan Studi Kasus yaitu penelitian tentang peristiwa yang telah terjadi tanpa peneliti melakukan intevensi apapun. Penelitian dilakukan pada pembelajaran Bahasa Arab kelas 10 di Madrasah Aliyah Al-Hidayah Depok Dimana. Metode pengumpulan data dengan melakukan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis datadengan reduksi data, dengan mengkoreksi (meneliti) dan menjelaskan (mendekripsikan), terakhir diurailah dalam bentuk naskah. Hasil wawancara dengan guru Bahasa Arab Bapak. H. Syamsul Hadi S.Pd bahwa strategi yang digunakan dalam mengatasi peserta didik agar berminat untuk mengikuti pembelajaran bahasa Arab dengan diadakan pelajaran atau kelas tambahan dan juga mensuport peserta didik agar menaikan minat dalam mengikuti pembelajaran bahasa Arab. Untuk referensi mengambil dari karangan HD Hidayat dari Pondok Pesantren Gontor. Pembelajaran bahasa Arab yang dilakukan guru dengan memberikan contoh kepada peserta didik dalam menerapkan bahasa Arab sehari-hari di sekolah. Upaya yang dilakukan guru sudah maksimal. Agar peserta didik memiliki kemampuan berbicara dalam berbahasa Arab, sebagai bentuk kenikmatan penting yang dianugerahkan oleh Allah SWT, namun diketahui ada sebagian peserta didik yang tidak mampu berbahasa arab, karena latar belakang yang dimiliki bukan dari sekolah Islamcara mengatasinya dengan mensuport memberikan kelas tambahan untuk belajar Bahasa Arab. Maka seorang pendidik harus mampu menerapkan pembelajaran bahasa Arab dengan menciptakan model dan metode pembelajaran yang inovatif, dan menyedikan media pembelajaran yang kreatif serta inovatif. Agar pembelajaran yang dilaksanakanpun dapat dipahami oleh peserta didik dan dapat mencapai indikator yang diharapkan.
Kata kunci : Telaah, Kurikulum, Bahasa Arab
Ahmad Fikri Amrullah, S.H.M.P.I. 2021. Manajemen Kurikulum Pembelajaran Bahasa Arab. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=gfEsEAAAQBAJ.
Alberesycs, Harold. 1965. “Pengertian Kurikulum.” Http://Hasanahmukti.Blogspot.Com: 7–47. www.ayoksinau.com.
Benang, Mengurai, and Kusut Pendidikan. 1945. “Human Skill.” : 1–12.
Chamisijatin, L, and F H Permana. 2020. Telaah Kurikulum. UMMPress. https://books.google.co.id/books?id=cJzzDwAAQBAJ.
Fauziah, Ailys. 2013. “Deskripsi Proses Saintifik…, Ailys Fauziah, FKIP UMP, 2015.”
Khotiah, Siti. 2020. “Peningkatan Kompetensi Membaca Teks Berbahasa Arab Melalui Metode Qiraah Mata Pelajaran Bahasa Arab Di MTs Negeri 8 Karangmojo.” Jurnal Pendidikan Madrasah 5(2): 237–46.
Qutni, Darul et al. 2022. “TELAAH KURIKULUM BAHASA ARAB SLTP DAN SLTA DI ERA Bahasa Arab Di Indonesia Merupakan Salah Satu Bahasa Yang Dipelajari Di Lembaga- Kurikulum Bahasa Arab Tidak Hanya Menitikberatkan Pada Aspek Pengetahuan . Adapun Untuk Mapel Pendidikan Agama Islam ( PAI ).” 11(1).
RI, Permenag. 2013. “Kurikulum Madrasah 2013 Mata Pelajaran PAI Dan Bahasa Arab.” 2011. permenag No 912 -kur-2013-pai-b-arab.
UNDANG UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. 2003. “No 主観的健康感を中心とした在宅高齢者における 健康関連指標に関する共分散構造分析Title.” Demographic Research 49(0): 1-33 : 29 pag texts + end notes, appendix, referen.
Wafa, Ali, Mohammad Thoyyib Madani, Masa Pandemi, and Ali Wafa. 2021. “Implementasi Kompetensi Inti 1 Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran.” Al-Allam 2(1): 1–13. http://ejournal.kopertais4.or.id/madura/index.php/alallam/article/view/4722.