OPTIMALISASI PENGELOLAAN ARSIP FISIK DAN DIGITAL DI SEKOLAH DALAM ERA TRANSFORMASI DIGITAL
Isi Artikel Utama
Ima Rahmawati
Hana Lestari
Siti Nuraida S
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan studi kasus di sekolah tersebut. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, staf administrasi, dan tenaga pengajar, serta observasi langsung terhadap proses pengelolaan arsip yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun SMAN 1 Cibungbulang telah mulai menerapkan sistem digital untuk pengelolaan arsip, masih terdapat tantangan signifikan, seperti kurangnya keterampilan teknis pada sebagian staf, serta masalah dalam integrasi arsip fisik dan digital. Namun, penelitian ini juga mengidentifikasi potensi peningkatan efisiensi dan keakuratan dalam pengelolaan arsip apabila dilakukan optimalisasi melalui pelatihan berbasis teknologi informasi, penerapan sistem manajemen arsip yang terintegrasi, serta perbaikan infrastruktur digital. Berdasarkan temuan tersebut, disarankan agar sekolah meningkatkan pelatihan kepada staf, memperkuat sistem penyimpanan digital yang aman, serta menyusun kebijakan yang mendukung transisi menuju pengelolaan arsip berbasis digital secara menyeluruh.
Al-Radaideh, Q., et al. (2020). The Impact of Digital Archives on Educational Management and Transparency. International Journal of Educational Management, 35(5), 867-881.
Braun, V., & Clarke, V. (2006). Using thematic analysis in psychology. Qualitative Research in Psychology, 3(2), 77-101.
Creswell, J. W. (2013). Qualitative Inquiry and Research Design: Choosing Among Five Approaches (3rd ed.). Sage Publications.
Evans, R. (2017). Managing Physical and Digital Archives in Educational Institutions. Journal of Archive Management, 20(3), 45-60.
Fitriani, N. S. F., Rahmawati, I., Ihsan, M., & Suryanto, S. (2024). Peran Kompetensi Staf Administrasi Dalam Implementasi Manajemen Kearsipan Di SMA Negeri 1 Dramaga. SAHID MENGABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Sahid Bogor, 3(01), 13-20.
Flick, U. (2018). An Introduction to Qualitative Research (6th ed.). Sage Publications.
Jones, L. (2020). Digital Archive Systems: Best Practices for Managing Educational Data. Education Administration Review, 28(4), 15-28.
Kirkpatrick, J. (2018). The Role of Digital Transformation in School Management. Journal of Educational Technology, 12(2), 99-112.
Meyer, P., & Latham, K. (2019). Digital Transformation in Educational Administration: Challenges and Solutions. Education Technology and Management, 18(1), 22-34.
O’Neill, M. (2019). Digital Archive Management and Practices: Trends in School Systems. Journal of Educational Technology, 14(2), 33-45.
Rahmawati, I., Lestari, H., Darojah, K. J., & Setiawan, W. (2023). Implementasi Manajemen Kearsipan Dalam Meningkatkan Administrasi Sekolah Bidang Tata Usaha Di SMA Negeri 1 Cibungbulang Bogor. SAHID MENGABDI: Jurnal Pengabdian Masyarakat Institut Agama Islam Sahid Bogor, 2(01), 19-31.
Yin, R. K. (2018). Case Study Research and Applications: Design and Methods (6th ed.). Sage Publications
Zhang, L. (2018). The Role of Digital Archives in School Administration. Journal of Education Administration, 30(1), 70-84..